Lanyard Untuk Mendaki

Lanyard Untuk Mendaki

Menyelidiki undang-undang yang mencakup lanyard penangkapan jatuh yang digunakan untuk memberikan perlindungan saat bekerja di ketinggian.

Sistem penangkapan jatuh khas terdiri dari tiga komponen utama:

harness (dalam kasus penangkapan jatuh tipe industri, harness seluruh tubuh sangat penting), untuk dikenakan oleh pengguna
titik jangkar, tetap pada struktur, dimaksudkan untuk tetap diam jika jatuh

komponen penghubung, seperti tali lanyard dan karabiner, digunakan untuk menghubungkan harness (dan, oleh karena itu, pengguna) ke titik jangkar.

Pengaturan ideal untuk jenis sistem ini adalah untuk menjaga pengguna terhubung ke titik jangkar sepanjang tugas, yang biasanya digunakan jangkar rel atau garis jangkar vertikal

Namun, seringkali ada situasi di mana akses atau implikasi biaya membuat penggunaan rel atau garis jangkar tidak cocok. Pengguna harus memutuskan sambungan dari satu titik jangkar untuk terhubung ke yang lain, seperti ketika menaiki tangga atau melintasi struktur.

Dalam kasus seperti itu, pengguna memerlukan perangkat dengan dua lanyard, yang dapat memungkinkan pergerakan antara titik jangkar tanpa pernah terputus dari titik jangkar. Penggunaan dua lanyard tunggal bisa berbahaya, karena kemungkinan skenario di mana pengguna jatuh saat kedua lanyard terhubung. Jika setiap lanyard memiliki penyerap energi yang terpisah, penurunan pada kedua peredam pada saat yang sama (‘paralel’) akan menghasilkan dua kali lipat gaya yang diterapkan pada pengguna. Untuk menghindari risiko ini, lanyard berekor ganda (atau berkaki dua) biasa digunakan.

Memasang lanyard kedua

Lanyard semacam itu biasanya mencakup penyerap energi tunggal – seringkali merupakan jenis anyaman air mata, di mana dua lapisan anyaman dijahit terpisah jika terjatuh. Ini memperlambat penurunan pengguna dan mengurangi energi musim gugur. Penyerap energi melekat pada harness dan terhubung ke dua bagian lanyard (kaki atau ekor), masing-masing dimaksudkan untuk melekat pada jangkar (misalnya, tangga tangga). Maksud dari lanyard ini adalah bahwa pengguna dapat meninggalkan satu kaki terikat pada jangkar yang cocok sementara ia melepaskan kaki yang lain untuk memindahkannya ke jangkar lain. Ini berarti bahwa pengguna secara konstan melekat pada struktur. Desain penyerap energi tunggal memastikan bahwa sifat penyerapan energi lanyard konsisten dalam kasus jatuh, apakah satu atau kedua lanyard terpasang. Lanyard berekor kembar tanpa peredam energi dapat digunakan untuk proses yang sama, asalkan pengguna menempelkan penyerap energi yang sesuai dengan pemasangan lanyard yang benar – persimpangan antara kedua kaki (bukan satu di setiap kaki).

Namun, dengan penggunaan desain lanyard tersebut, bahaya tambahan dapat dimasukkan karena cara lanyard ini dapat digunakan (atau disalahgunakan). Misalnya, ada kemungkinan bahwa pengguna melampirkan dua kaki pada rentang penuh lanyard secara horizontal, menciptakan pemuatan konfigurasi tiga titik ‘Y’. Hal ini dapat menghasilkan gaya yang lebih besar secara signifikan pada lanyard dan komponen penghubung (semakin dekat lanyard dengan peregangan penuh secara horizontal, semakin tinggi pembebanan jika jatuh). Oleh karena itu, lanyard ini memerlukan pertimbangan tambahan untuk pengujian dan, karenanya, pemeriksaan tipe EC, daripada yang semula dimasukkan dalam  standar yang digunakan untuk lanyard penyerap energi tunggal.