Panduan Mengatur dan Cara Setting SEO Website Sendiri

SEO website di era serba digital ini sangat didambakan oleh semua pemilik website tanpa terkecuali. Hal ini wajar karena SEO website dapat meningkatkan performa website. SEO (search engine optimization) merupakan sebuah usaha yang dikerjakan untuk mengoptimasi website baik oleh seorang pakar dari sebuah jasa SEO profesional maupun langsung oleh pihak pengelola agar website tersebut masuk ke dalam halaman utama search engine seperti google, yahoo, bing, MSN, dan lain-lain sesuai kata kunci yang diketikkan pengguna.

Beberapa Jenis Cara Mengatur SEO Website

  1. Black hat SEO : Cara ini merupakan cara yang licik dan tidak dianjurkan untuk dilakukan. Cara ini biasanya menggunakan link farming, keyword stuffing, invisible teks, cloaking page doorway page, dan iteration title. Selain licik, sesekali cara ini dapat membahayakan website Anda karena suatu waktu google akan melacak dan memblokir website Anda.
  2. White hat SEO: cara ini merupakan cara yang benar dan dianjurkan. Cara ini biasanya melakukan blak link, riset keyword, optimasi meta tag, dan optimasi konten.
  3. Gray hat SEO: cara ini merupakan cara hasil gabungan antara black dan white hat SEO. Seperti melakukan: duplikat konten dan cloaking.

SEO website dapat diterapkan ke dalam website Anda melalui penggunaan jasa pembuatan SEO website atau Anda dapat membuatnya autodidak (sendiri). Untuk membuat SEO website sendiri tanpa bantuan dari jasa SEO, Anda perlu memahami cara mengatur atau setting SEO website.

Panduan Mengatur dan Cara Setting SEO Website Sendiri

Cara Mengatur SEO Website

1. Indeks web pada google.

Indeks google menunjukkan apakah website Anda sudah terbaca atau belum oleh google. Cara mengeceknya adalah dengan mengetikkan situs: namawebsiteanda.com.

Setelah itu Anda akan ditampilkan semua halaman Anda yang sudah terbaca google. Jika halaman website Anda belum terindeks, atau hanya beberapa saja yang terbaca, Anda perlu melakukan submit halaman Anda secara manual dengan google submit url. Jika Anda ingin submit secara otomatis, Anda perlu mengintegrasikan website Anda dengan google search console.

2. Mengisi web dengan konten berkualitas.

Hal yang penting dalam menemukan cara setting SEO website adalah dengan memiliki isi konten yang berkualitas. Sejatinya google dan search engine sejenis bertugas sebagai penyedia jasa, yaitu jasa informasi. Jika kualitas konten Anda bagus dan sesuai dengan permintaan konsumen, maka google pun akan mempertahankan websie Anda.

Dalam menilai kualitas website Anda, google mengacu pada lama durasi orang lain mengunjungi website Anda (sessionduration). Jika pengunjung hanya sebentar saja mengunjungi halaman website Anda (high bounce rate) maka secara otomatis penilaian google terhadap website Anda jelek.

Jadi cara mengatur SEO website salah satunya adalah dengan mengupayakan isi yang berkualitas. Pastikan kata atau kalimat atau keyword yang Anda masukan ke halaman website Anda adalah keyword yang banyak dicari di mesin pencari.

3. Memaksimalkan kecepatan dan kompabilitas antar-device.

Karena di zaman ini penggunaan internet hampir seluruhnya berganti ke perangkat mobile, google pun berusaha menyesuaikannya dari mulai hosting website, template, platform, dan lain-lain.

Untuk mengetahui performa website yang akan efektif, google sebenarnya menyediakan rekomendasi yang bisa Anda klik di situs: g.co/mobilefriendly. Di situs tersebut Anda hanya perlu memasukkan url  website Anda dan tunggu hingga google merekomendasikan apa saja yang perlu Anda lakukan terhadap website Anda agar performanya meningkat.

4. Riset keyword.

Cara mengatur SEO website Anda selanjutnya adalah dengan melakukan riset keyword. Riset keyword bertujuan untuk mengetahui keyword apa saja yang sering dicari oleh pengunjung. Riset keyword bisa Anda lakukan dengan bantuan KWFinder, SEMRush, dan google planner.